Monday, May 4, 2015

Pandangan Hidup Dari Berbagai Pandangan

TUGAS IV
ILMU BUDAYA DASAR
"Pandangan Hidup Dari Berbagai Pandangan"
Dosen : Auliya Ar Rahma



oleh :
Zullyan Pangestu 
1C114700/ 1KA01

Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi


Mei 2015




BAB I
PENDAHULUAN


LATAR BELAKANG



Pandangan hidup adalah sesuatu pendapat atau pertimbangan yang bersifat kodrati yang dijadikan pegangan , pedoman, arahan petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Dengan demikian pandangan hidup itu timbul melalui proses waktu yang lama dan terus – menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal. Atas dasar itu manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, atau petunjuk yang disebut pandangan hidup.   

RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian diatas maka saya akan merumuskan beberapa rumusan masalah sebagai berikut yaitu:

1. Pandangan hidup yang berasal dari agama
2. Pandangan hidup yang berasal dari ideology
3. Pandangan hidup yang berasal dari renungan 
4. Unsur – unsur pandangan hidup 

BAB II  
PEMBAHASAN

2.1 Pandangan hidup yang berasal dari agama 




Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu mutlak keberadaannya. Pandangan hidup ini adalah pandangan hidup yang berasal dari agama yang dianut oleh seseorang sesuai dengan kepercayan masing – masing yang dianut oleh orang tersebut. Pandangan hidup yang berasal dari agama merupakan pedoman untuk mencapai kesuksesan di dunia maupun di akhirat. Misalnya  contoh pedoman hidup pada umat Islam adalah AL – QUR’AN dan hadist RASULULLAH semua orang muslim di dunia yang beragama sama yaitu Islam menggunakan AL – QUR’AN dan Hadist RASULLULLAH sebagai pedoman untuk hidup mencapai kebahagiaan di dunia dan diakhirat. 

2.2 pandangan hidup yang berasal dari ideology




Pandangan yang kedua adalah pandangan hidup yang berasal dari ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan atau norma yang sesuai dengan suatu Negara. Sebagai contoh adalah pandangan hidup yang berasal dari ideology pancasila dimana pandangan hidup kita dalam bermasyarakat diharapkan sesuai dengan 5 sila pancasila itu sendiri yang berbunyi :

1. Ketuhanan yang maha ESA
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia 
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

2.3 pandangan hidup yang berasal dari renungan 

Dan pandangan hidup yang terakhir adalah pandangan hidup yang bersumber dari hasil renungan yang sifatnya relative. Relative disini maksudnya adalah belum tentu pandangan hidup seseorang benar artinya adalah apa yang kita anggap benar belum tentu benar juga menurut pendapat orang begitu pula sebaliknya. 

2.4 unsur -  unsur pandangan hidup

Cita – cita 



Definisi cita – cita adalah keinginan atau kehendak seseorang yang selalu diangan angan dan selalu di dalam pikiran manusia. Cita – cita merupakan keingginan kuat yang dicapai dengan berbagai usaha keras secara terstruktur sehingga keinginan tersebut dapat terwujud di masa yang akan datang.

Kebajikan



Berbuat kebajikan merupakan perbuatan terpuji yang dilakukan kepda sesama manusia. Kebajikan akan mendatangkan keselamatan jika kita melakuakan perbuatan tersebut dengan tulus Ikhlas. Intinya berbuat kebajikan tidak akan mendapatkan kerugian. Berbuat kebajikan pasti dibalas oleh kebajikan.

Usaha atau perjuangan



Usaha adalah berbagai kerjakeras yang dilakukan seseorang secara maksimal untuk merealisasikan cita – citanya. Cita – cita tidak akan terjadi tanpa adanya usaha yang maksimal dari individu masing - masing. 

Keyakinan atau kepercayaan  



Kepercayaan atau keyakinan yang dimaksud adalah keyakinan berdasarkan kekuasaan gaib yang MAHA KUASA yang buktinya adalah yang berupa alam beserta isinya yang diciptakan oleh NYA dan terkandung dalam kitab NYA. 



BAB III KESIMPULAN

3. Kesimpulan 

Kesimpulan yang dapat diambil adalah kita harus cerdas dalam memilih pandangan hidup sesuai dengan apa yang kita Imani contohnya saya yang beragama islam sepanjang hidup saya dan pandangan hidup saya adalah dengan berpedoman pada AL – QUR’AN dan Hadist yang tertulis tata cara hidup yang benar untuk mencapai kebahagiaaan di dunia dan di akhirat. 

BAB IV DAFTAR PUSTAKA

4.Daftar Pustaka

http://affandymuradsite.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-pandangan
http://info-83.blogspot.com/2012/05/manusia-dan-pandangan-hidup.html

No comments:

Post a Comment