Saturday, October 3, 2015

Ciri-ciri, Unsur, Teori Organisasi, dan Macam - Macam Organisasi dari Segi Tujauan


TUGAS III&IV
Teori Organisasi Umum
Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi, dan Macam - macam Organisasi dari segi tujuan "
Dosen : Ririn Yulianti
                                                                        


oleh :
Zullyan Pangestu 
1C114700/ 2KA18

Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi tentang Bab 3&4 yang berjudul Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi, dan Macam - macam Organisasi dari segi tujuan,  semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua terimakasih.

BAB 3 Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi

Ciri - Ciri Organisasi
Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.

Adapun ciri-ciri organisasi:
– Mempunyai tujuan & sasaran

– Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati

– Adanya kerja sama dari sekelompok orang
– Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang


UNSUR-UNSUR ORGANSASI


Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:

Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.

Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.

Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).

Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan.

TEORI ORGANIOSASI

Teori Organisasi muncul pada abad 19 yang dilatar belakangi oleh revolusi Inggris dan kelahiran perusahaan raksasa yang ada di Amerika Serikat.

Teori klasik kadang disebut teori tradisional yang berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun seribu delapan ratusan.Dalam hal ini,organisasi secara umum digambarkan oleh para teoritis klasik sebagai sangat sentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialiassi,serta menberikan petunjuk mekanisme structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas. Teori klasik berkembang dalam 3 aliran yang dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama, yaitu :teori birokrasi,teori administrasi dan teori manajemen ilmiah.

Teori organisasi Neoklasik. Teori  neoklasik dikenal sebagai teori hubungan manusiawi dan dikembangkan atas dasar teori klasik.Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya,sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama. Percobaan-percobaan di Howthrone yang dilakukan dari tahun 1924 sanmpai 1932 menandai permulaan perkembangan teori hubungan manusiawi.Percobaan ini merupakan kristalisasi teori neokalsik.Penemuan Howthrone telah menambah dimensi baru bagi teori organisasi.Dan pada akhirnya percobaan-percobaan Howthrone menunjukkan bagaimana kegiatan kelompok-kelompok kerja kohesif sangat berpengaruh pada operasi organisasi.

Teori organisasi modern disebut juga analisa system pada organisasi merupakan aliran terbesar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen.Teori ini melihat bahwa semua unsure organisasi merupakan satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil,tetapi organisasi merupakan system yang terbuka.


BAB 4 Macam - macam Organisasi dari segi tujuan



Dari segi tujuan yang hendak dicapai, organisasi dibedakan menjadi dua macam yaitu organisasi niaga atau organisasi ekonomi, dan organisasi social autu organisasi kemasyarakatan.

Organisasi Niaga (PT, CV, Joint Ventura, Fa,Koperasi, Trust, Kartel,Holding, Company)

Organisasi niaga atau organisais ekonomi adalah organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan yang sebesar – besarnya. Berikut merupakan jenis – jenis Organisasi niaga :

Perseroan Terbatas (PT)





Perseroan Terbatas (PT), dulunya disebut Naamloze Vennootschhap (NV), adalah suatu badan hukum untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.

Jenis – Jenis Perseroan Terbatas (PT)
 Saham/Sero Atas Nama
 Saham/Sero Pembawa
 Saham/Sero Biasa
 Saham/Sero Preferen
 Saham/Sero Kumulatif Preferen


Persekutuan Komanditer (CV)



Persekutuan Komanditer atau biasa disebut CV (Commanditaire Vennootscap) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
Bentuk CV dibagi menjadi 3 yaitu

CV Murni hanya terdapat satu sekutu komplementer, yang lain merupakan sekutu komanditer.
CV Campuran terbentuk dari suatu firma yang membutuhkan tambahan modal. Dimana sekutu firma tersebut menjadi sekutu komplementer sedangkan sekutu lain menjadi sekutu komanditer.
CV Bersaham adalah CV yang mengeluarkan saham yang tidak dapat diperjualbelikan. Sekutu komplementer maupun komanditer mengambil satu saham atau lebih.

Joint Ventura

Joint Venture merupakan bentuk kerjasama antara 2 atau lebih perusahaan, yang biasanya dari beberapa Negara, untuk membentuk satu perusahaan yang besar dan kuat.

Firma (FA)

Firma (dari bahasa Belanda venootschap onder firma; secara harfiah: perserikatan dagang antara beberapa perusahaan) atau sering juga disebut Fa adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama.Pemilik firma terdiri dari beberapa orang yang bersekutu dan masing-masing anggota persekutuan menyerahkan kekayaan pribadi sesuai yang tercantum dalam akta pendirian perusahaan.

Koperasi

Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan

Jenis koperasi menurut fungsinya:
- Koperasi pembelian/pengadaan/konsumsi adalah koperasi yang menyelenggarakan fungsi pembelian atau pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan anggota sebagai konsumen akhir. Di sini anggota berperan sebagai pemilik dan pembeli atau konsumen bagi koperasinya.
- Koperasi penjualan/pemasaran adalah koperasi yang menyelenggarakan fungsi distribusi barang atau jasa yang dihasilkan oleh anggotanya agar sampai di tangan konsumen. Di sini anggota berperan sebagai pemilik dan pemasok barang atau jasa kepada koperasinya.
- Koperasi produksi adalah koperasi yang menghasilkan barang dan jasa, dimana anggotanya bekerja sebagai pegawai atau karyawan koperasi. Di sini anggota berperan sebagai pemilik dan pekerja koperasi.
- Koperasi jasa adalah koperasi yang menyelenggarakan pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh anggota, misalnya: simpan pinjam, asuransi, angkutan, dan sebagainya. Di sini anggota berperan sebagai pemilik dan pengguna layanan jasa koperasi.

Trust

Trush merupakan penggabunga (bukan untukkerjasama dari beberapa perusahaan menjadi satu. Masing – masing perusahaan meleburkan diri atau berfusi sehingga berbentuk satu perusahaan yang kuat .

Kartel

Kertel merupakan persekutuan dari beberapa perusahaan sejenis dengan suatu perjanjian tertentu. Masing - masing perusahaan terikat dengan perjanjian yang telah dibuat bersama, tetapi di luar perjanjian itu mereka bebas.    

Holding Company

Perusahaan saham patungan, yang mengontrol satu atau lebih perusahaan lain. Kepemilikan saham dapat penuh, atau sebagian. Holding Company dapat dibentuk bila perusahaan membeli saham perusahaan lain untuk menjadi miliknya.

Organisasi Sosial


Yang dimaksud dengan orgaisasi social dalam pasal 1 Undang – Undang No 8 tahun 1985 adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat Republik Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama, dan kepercayaan terhadap TuhanYang Maha Esa untuk berperan serta dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan nasional dalam Wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila.

Organisasi Regional dan Internasional

Organisasi regional

Organisasi regional adalaah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa Negara saja dalam satu wilayah (Region).

Organisasi Internasional

Organisasi Internasional adalah organisasi yang angotanya meliputi Negara – Negara di seluruh Dunia.

Sumber :
http://bangbiw.com/macam-macam-organisasi-dari-segi-tujuan/
https://maliqren.wordpress.com/2011/11/27/ciri-ciri-organisasi/

Sumber buku :
modul TOU Universitas Gunadrama  

No comments:

Post a Comment