PENULISAN III
Teori Organisasi Umum
"Penjelasan, Contoh, Manfaat, Kekurangan,dan Saran pada Perkembangan IT ( E-Government ) pada Pemerintahan "
Dosen : Ririn Yulianti
Saat ini perkembangan teknologi
Internet sudah mencapai perkembangan yang sangat pesat.Aplikasi Internet sudah
digunakan untuk e-commerce dan berkembang kepada pemakaian aplikasi Internet
pada lingkungan pemerintahan yang dikenal dengan e-government.
A. Definisi E-Government
Pemanfaatan internet dalam
e-Government juga telah terbukti dapat meningkatkan kinerja pemerintah didalam
penyediaan informasi dan penyelenggaraan layanan kepemerintahan kepada
masyarakat dan kalangan bisnis. E-government mengacu pada penggunaan teknologi
informasi olehpemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang
mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan
lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik
dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih
umum lagi dikenal sebagai world wide web.
Pada intinya E-govermenternment adalah
penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan
pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan
hubungan bentuk baru seperti :
- G2C (Governmet to Citizen), yaitu hubungan antara pemerintah dengan masyarakat.
- G2B (Government to Business), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pengusaha.
- G2G (Government to Government), yaitu hubunga antara pemerintah dengan pemerintah.
E-Government merupakan urat
nadi pemerintahan. Meskipun masih relatif muda, namun tidak sedikit uang
rakyat digunakan bagi pengembangan teknologi informasi bagi operasionalisasi pemerintahan dan
pelayanan umum. Namun demikian, E-Government belum menunjukkan manfaat yang
signifikan bagi efektifitas dan efisiensi jalannya pemerintahan dan
pelayanan umum yang terbaik.
Perkembangan dan pembangunan
telematika memasuki babak baru pada awal tahun 2005 dengan digabungkannya
Ditjen Postel yang dahulu berada dibawah Departemen Perhubungan kedalam
Depkominfo. Satriya (2005) melihat penggabungan tersebut seyogyanya bisa
mempercepat gerak pelaksanaan aplikasi e goverment di seluruh tanah air dan
dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk penyediaan infrastruktur telematika
yang sekaligus disinkronkan dengan berbagai aplikasi prioritas.
Begitu pula dari sisi regulasi, sudah ada Instruksi Presiden (Inpres) No. 3
Tahun 2003 tentang Strategi Pengembangan E goverment yang juga sudah dilengkapi
dengan berbagai Panduan tentang e goverment seperti :
- Panduan Pembangunan Infrastruktur Portal Pemerintah.
- Panduan Manajemen Sistem Dokumen Elektronik Pemerintah.
- Pedoman tentang Penyelenggaraan Situs Web Pemda; dan lain-lain.
Demikian pula berbagai panduan telah dihasilkan oleh Depkominfo pada tahun 2004
yang pada dasarnya telah menjadi acuan bagi penyelenggaraan e goverment di
pusat dan daerah. Sayangnya beberapa peraturan payung yang diharapkan bisa
segera selesai masih belum terwujud, seperti RUU tentang Informasi, dan
Transaksi Elektronik yang masih belum dibahas di DPR.
Dalam bidang kebijakan,
kelihatannya pemerintah belum berhasil menyusun suatu langkah konkrit
yang dapat menggerakkan berbagai komponen pemerintah(lintas sektor) untuk
saling bekerja sama membangun dan menjalankan aplikasi yang memang harus
disinergikan.Hingga sekarang pemanfaatan telematika untuk Kartu Tanda Penduduk,
Perpajakan, Imigrasi, dan Kepegawaian yang sangat dibutuhkan dalam
reformasi pemerintahan masih belum terlaksana. Masih mahalnya tarif
Internet, termasuk Broadband, rupanya telah mulai menarik perhatian Menteri
Kominfo seperti diungkapkan beberapa waktu lalu dalam ajang Indo Wireless 2006
(Detik, 14/3/06).
Kombinasi
pemanfaatan kapasitas telepon tetap eksisting dan berbagai teknologi nirkabel
lainnya sudah seharusnya bisa didukung oleh sistemtarif yang sudah memanfaatkan
kompetisi dalam sektor telematika ini.
Begitu pula alternatif penyediaan
infrastruktur telematika di daerah terpencil, perbatasan, dan tertinggal masih
belum bisa memaksimalkan pemanfaatan dana Universal Service Obligation (USO)
yang telah dikutip dari operator.
C. Contoh perkembangan E-Government di Indonesia
Sebagai salah satu contoh perkembangan e-goverment di Indonesia adalah
salah satu pemerintah yang bergerak di
bidang usaha rakyat kecil dan
menengah yaitu Kementrian Negara Koperasi dan UKM
D. Keuntungan perkembangan E-Government di Indonesia
- Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasidapat disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor . Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
- Peningkatan hubungan antara pemeritah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan [ transparansi ] maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
- Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien . Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melaluji e-mail atau bahkan vidio confernce.Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
- e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
- Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
- Semua terbuka untuk pemerintah dan masyarakat.
E. Kekurangan dari E-government di Indonesia
- Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
- Kurangnya interaksi atau komunikasi antara admin (pemerintah) dengan masyarakat, karena e-government dibuat untuk saling berinteraksi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak lain yang berkepentingan.
- Kelemahan utama tentang e-government adalah kurangnya kesetaraan dalam akses publik untuk keandalan, internet informasi di web, dan agenda tersembunyi dari kelompok pemerintah yang dapat mempengaruhi dan bias opini publik.
- Pelayanan yang diberikan situs pemerintah belum ditunjang oleh system manajemen dan proses kerja yang efektif karena kesiapan peraturan,prosedur dan keterbataasan SDM sangat membatasi penetrasi komputerisasi k dalam system pemerintahan.
- Belum mapannya strategi serta tidak memaadainya anggaran yang dialokasikan untuk pengembanngan e-government.
- Kesenjangan kemampuan masyarakat untuk mengakses jaringan internet.
F. Saran Terhadap Kekurangan E-Government di Indonesia
- Tingkatkan kemanan atau security pada situs - situs pemerintahan agar tidak mudah di bobol.
- Batasi akses penggunaan e-goverment kepada masyarakat
- Tingkatkan costumer service untuk menjawab keluhan masyarakat tentang e-goverment
sumber :
http://parkshinheru.blogspot.co.id/2014/01/perkembangan-e-government-di-indonesia.html
http://sriyanthigeg.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-keuntungan-kerugian-e.html
http://skandiasportcup.blogspot.co.id/2015/03/sejarah-perkembangan-internet-dalam.html
sumber buku :
buku perkembangan E-government
mantap jul!teruskan wkwkkw
ReplyDeletehttp://ejournal.gunadarma.ac.id
wkwkwk
Delete